Pages

7 June 2013

Backup Your Data

Beberapa hari yang lalu, aku meng-install ulang laptop merah kesayangan aku
Nah dari situlah permasalahannya. Aku membuat partisinya dibagi menjadi dua bagian.
Jadi biar aman, data D diletakin dulu di harddisk portable aku. Barulah laptopnya diinstal ulang.
Dan ternyata, setelah selesai dan lagi memeriksa data-data di harddisk, aku baru ingat kalo ada satu folder yang memang sengaja aku lock di D. Aku coba cari di folder lain, tetap tidak ada.
Aku udah nyoba buat nemuinnya lagi pake beberapa software recovery files, tapi tetep gak ketemu. Mungkin karena di lock jadi emang gak bisa ditemuin. Shortcut nya aja juga gak ada -,-

Aku udah searching di internet semalam suntuk buat nyari tau gimana biar tuh folder bisa balik lagi, tapi tetep aku gak nemuin caranya. Dari hasil browsing sana-sini tentang software locker itu, sebenarnya di location tempat kita meletakkan folder yang terkunci itu ada shortcutnya dengan title kayak tulisan wingdings, jadi itu yang nanti dibuka pake software locknya. Dan masalah di akunya ya di location tempat aku ngeletakin folder yang ilang itu udah gak ada apa-apa. Bener-bener ilang -,-

Kesal, sudah pasti. Tapi itu jadi membuat aku harus lebih berhati-hati dalam menyimpan data dan harus punya backup nya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Karena itu aku mau sharing beberapa hal untuk mem backup data agar jangan sampe kejadian kayak aku keulang lagi :(

Letakkan data-data penting kamu di beberapa tempat ini :

1. HARDDISK PORTABLE
Memang sih harga harddisk portable masih mahal, untuk yang 500GB itu sekitaran lima ratus ribu lebih. Cuma ini bener-bener penting buat mem back-up data penting kamu. Kalo data kamu terlalu banyak, kamu bisa memilih data mana yang benar-benar penting untuk di backup. Kalo cuma untuk nyimpan film aja sih menurut aku itu gak terlalu penting. Film bisa kita dapatin dari siapa aja, temen atau download ulang. Kalo emang rasanya tuh film susah dapetinnya ya kamu bisa memilih film mana yang memang harus di backup.


2. CD-R/CD-RW & DVD-R/DVD-RW
Haha mungkin ini udah terlalu jadul ya tapi menurut aku ini paling tidak rentan terkena virus ;)
Kalo dari segi kapasitas memang lebih besar harddisk portable. Untuk DVD-RW kapasitasnya sekitar 4.7GB. Sedangkan CD-R ataupun CD-RW setahu aku kapasitasnya hanya sekitar 700 Mb.
Dari segi harga pun tentu lebih mahal yang RW ataupun yang DVD-RW. Karena kamu juga tahu kan kalo RW bisa digunakan beberapa kali asalkan kamu bener-bener menjaga disc nya agar tidak tergores. Sedangkan R hanya bisa sekali pakai. Jadi kita gak bisa nge burning nya lagi. Oh iya satu lagi, jangan lupa sebelum memasukkan file ke CD ataupun DVD, kamu harus mem-burningnya terlebih dahulu agar dapat dibaca di PC manapun. Cara memburningnya gampang kok, kamu bisa burning pake Nero. Sizenya memang cukup besar, sekitar 337 Mb.

3. BACKUP ONLINE
Kamu juga bisa mem-backup online data kamu. Bisa juga menggunakan fasilitas email kamu untuk mem-backup data. Atau kamu juga bisa menggunakan Google Drive, SkyDrive ataupun IDrive untuk membackup data kamu. Kalo untuk free nya, Google Drive hanya memberikan 5GB. Begitu juga IDrive, tetapi untuk SkyDrive kamu bisa mendapatkan free sebesar 7GB. Yah memang itu bisa dibilang kecil untuk data-data kita yang banyak. Tapi kalo cuma untuk sekedar mem backup data kuliah atau kerjaan, itu udah lebih dari cukup kan ;)


Cukup segitu tips untuk mem-backup data penting kamu. Ingat ya, menyimpan file yang kamu backup jangan hanya dalam satu harddisk atau CD. Kalau bisa, backup semua file di beberapa tempat berbeda, agar kalo salah satunya rusak, kamu masih punya cadangan di tempat lain ;)
Share on: Facebook Twitter Google+ Linkedin

0 comments:

Post a Comment