Pages

5 June 2013

Tips Sukses Ujian

Kali ini aku mau sharing tentang kiat - kiat belajar untuk ujian. Mungkin kamu - kamu sekalian yang sedang menjalani hari - hari UTS seperti yang aku alami sekarang ataupun buat kamu - kamu yang sedang menjalani UAS seperti universtias lainnya.

Bagi aku ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan :

1. LENGKAPI CATATAN
Aku tahu gak semua orang rajin mencatat pada saat di kelas
Jadi menurut aku sebelum ujian, persiapkan ini terlebih dahulu. Memang slide - slide dari dosen atau bahan apapun dari dosen juga penting tetapi lebih penting lagi penjelasan yang disampaikan dosen pada saat di kelas. Dan biasanya yang rajin mencatat itu anak - anak pinternya di kelas. Jadi kamu harus pinter - pinter kalo mau pinjem catatan temen kamu. Jangan sampe ilang dan dia gak mau lagi minjemin ke kamu ya ;)


2. PRINT/COPY BAHAN MATA KULIAH
Nah ini yang aku bilang tadi. Bahan - bahan dari dosen harus kamu print atau bagi anak kos yang memang harus ngirit ya paling gak di copy dari temen yang udah ngeprint. Dan sekali lagi jangan kelamaan minjem file punya temen itu. Mereka juga butuh itu buat belajar kan? ;)





3. TIME IS MONEY
Ya bener time is money. Makanya manfaatin waktu kamu buat nyisihin sedikit aja buat belajar. Sejam dua jam itu udah cukup. Kalo aku sih ya belajarnya SKS aka Sistem Kebut Semalam hehe. Aku memang bukan tipe orang yang bisa belajar jauh - jauh hari. Kalo misalnya mata kuliah yang diujiankan itu pagi ya aku belajar malem, tapi kalo siang ya aku belajar pagi. Itu gak pernah bisa aku ubah karena menurut aku lebih efektif seperti itu :)
Paling gak, gimanapun sistem belajar kita, yang penting ada waktu sejam dua jam buat belajar ya ;)


4. PELAJARI BAHANNYA
Untuk mata kuliah hafalan, jangan dihafal. Kadang bahan yang mau diujiankan banyak, terus kamu mau menghafal berpuluh-puluh lembar? Aku yakin itu gak efektif. Jadi lebih baik kamu benar-benar paham. Kalo kamu gak ngerti, kamu bisa tanya sama temen yang pinter, buat kelompok belajar tiap malam untuk belajar. Asalkan emang bener-bener untuk belajar ya.
Kalo tips dari aku buat mata kuliah hafalan, kamu bisa bayangin itu jadi sebuah gambar-gambar unik. Misalnya tentang konsep soft handover. Kalo diikuti bahasa bukunya bisa aja sih, cuma nanti pasti lupa. Jadi mending kamu bayangin soft handover itu seperti kamu selingkuh. Kamu dapatin dulu si B nya baru kamu lepasin pacar lama kamu. Cara yang halus sekali kan? Makanya dikatakan soft handover haha -,- Kalo seperti itu pasti lebih gampang buat dipahami kan?
Aku lebih seneng ngebayangin suatu bahan matakuliah seperti itu. Karena lebih mudah dimengerti. Termasuk waktu aku menjelaskan sama teman-teman aku. Waktu aku pake bahasa buku memang sulit untuk dipahami langsung, tapi waktu udah diibaratkan ke kehidupan sehari-hari, pasti mereka bakal langsung bilang, "Oooh gitu..."


5. PRAY
Nah ini yang paling penting. Selain berusaha keras, kita juga jangan sampe lupa buat berdoa. Yah namanya juga kita ingin mendapatkan hasil terbaik, kalo hanya berusaha tanpa berdoa tetap gak ada gunanya. Begitu juga kebalikannya, berdoa tanpa ada usaha apa Allah akan tetap membantu kita? Jadi jangan sampe pada lupa buat berdoa ya, sebelum ujian dan sesudah. Sebelum belajar dan sesudahnya juga. Itu penting sekali. Stay focus! :D
Share on: Facebook Twitter Google+ Linkedin

0 comments:

Post a Comment