Pages

30 May 2013

Instalasi dan Konfigurasi Cacti pada Ubuntu 12.04

A.  CACTI
Cacti adalah aplikasi frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database MySQL dan membuat grafik berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan grafik dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP.
Secara sekilas, Cacti mempunyai tampilan grafik yang sama dengan MRTG, namun Cacti mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan MRTG seperti adanya template untuk grafik, zoom grafik dan lain sebagainya.
Cacti dapat digunakan untuk menyimpan graph, data sources, dan round robin archives ke dalam sebuah database. Aplikasi ini juga mendukung protokol SNMP, sehingga dapat digunakan untuk membuat traffic graph menggunakan MRTG.

B.  RRDTOOL
RRD adalah singkatan untuk Round Robin Database. RRD adalah sebuah database yang menyimpan informasi dengan cara yang sangat compact yang tidak berkembang seiring waktu.
RRDtool merujuk pada sesederetan tool yang memungkinkan kita menciptakan dan mengubah database RRD, dan juga menghasilkan grafik untuk merepresentasikan data. Ia dipakai untuk mencatat data terhadap waktu (seperti jaringan bandwith, temperatur ruang mesin, atau load server rata-rata) dan bisa menampilkan data itu sebagai rata-rata dalam selang waktu tertentu.
Grafik RRD memberi anda lebih banyak kontrol pada pilihan display dan jumlah data yang akan di tampilkan pada sebuah grafik dibandingkan kepada MRTG.

C.  FITUR CACTI
a)      Jumlah graph itern yang tidak terhingga, dapat didefinisikan untuk setiap graph secara optional de-ngan menggunakan CDEF atau data source dari Cacti.
b)    Mendukung semua tipe graph dari RRDTools, termasuk ARXAq STACK LINEU--31, GPRINT, COMMENT, VRULE, dan HRULE.
c)       Data source dapat dibuat dengan memanfaatkan fungsi "create" dan "update", yang terdapat pada RRDTool's.
d)  Mendukung file RRD dengan lebih dari satu data source, dan dapat menggunakan sebuah RRD file yang disimpan di mana saja dalam suatu iocal fiIe system.
e)       Memiliki tree view yang memudahkan user untuk membuat graph hierarchies, dan meletakkan graph dalam suatu tree.
f)    Memiliki manajemen berbasis user, yang memudahkan administrator untuk menciptakan user, dan memberikan tipe permission yang berbeda antaruser.

D.  TUTORIAL INSTALASI DAN KONFIGURASI CACTI
1.        Buka terminal Ubuntu 12.04, lalu masukkan perintah berikut :
$ sudo su
$ masukkan password ubuntu anda
Sudo adalah program yang terdapat di linux yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root. Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga dibuat untuk meminta password root atau tanpa password sama sekali. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan selama 15 menit agar dalam waktu 15 menit kedepan anda tidak perlu lagi memasukkan password jika menggunakan sudo. 
Sudo su memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo --> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem".

2.        Setelah masuk kedalam rootcek APACHE2, MYSQL, RRDTOOL DAN CACTI anda dengan perintah berikut :
$ dpkg –l |grep apache2  à cek APACHE2
$ dpkg –l |grep mysql      à cek MYSQL
$ dpkg –l |grep rrdtool    à cek RRDTOOL
$ dpkg –l |grep cacti        à cek CACTI
Perintah dpkg merupakan salah satu package manager yang dapat kita gunakan untuk melakukan management (install/uninstall). Perintah dpkg banyak macamnya, salah satunya adalah dpkg -l yang merupakan perintah untuk melihat daftar package yang telah terinstall beserta versi package yang telah terinstall dan deskripsinya. 
Sedangkan |grep digunakan untuk mencari file-file yang mengandung teks dengan kriteria yang telah Anda tentukan.
Paket – paket tersebut dibutuhkan untuk dapat menginstall Cacti dengan sempurna dan dapat menghasilkan grafik yang diinginkan.

3.        Apabila telah di install APACHE2, MYSQL, RRDTOOL, dan CACTI nya, ada baiknya kita me-remove nya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada konfigurasi yang telah dilakukan sebelumnya :
$ apt-get remove apache2
$ apt-get remove mysql
$ apt-get remove rrdtool
$ apt-get remove cacti
Perintah apt-get remove merupakan perintah untuk me-remove aplikasi. Seperti contoh diatas berarti perintah tersebut untuk me-remove keempat paket tersebut.

4.   Bila keempat paket tersebut belum ter-install, maka install terlebih dahulu dengan memasukkan perintah :
$ apt-get install apache2
$ apt-get install mysql
$ apt-get install rrdtool
$ apt-get install cacti
Perintah apt-get install merupakan perintah untuk meng-install aplikasi. Seperti contoh diatas berarti perintah tersebut untuk meng-install aplikasi – aplikasi tersebut.

5.     Setelah di instalasi, akan muncul pemilihan webserver, pilih APACHE2 lalu tekan OK.

6.        Setelah itu akan muncul tampilan CONFIGURE CACTI, pilih <YES>

7.        Lalu masukkan password untuk Database Administrator.

8.        Lalu masukkan password untuk MYSQL.

9.     Masukkan kembali password untuk MYSQL pada saat muncul tab Password Confirm.

10.    Lalu lakukan instalasi pada browser dengan memasukkan perintah :
localhost/cacti/install
Maka akan muncul tampilan berikut :
  
11.  Tekan Next hingga muncul Finish. Lalu tekan Finish. Installasi CACTI telah selesai.

12.    Setelah selesai, maka pada layar browser akan muncul tampilan berikut :

13.    Masukkan username dan passwordnya.
Pada installasi yang saya lakukan, username yang dimasukkan adalah defaultnya yaitu Admin. Apabila anda lupa passwordnya, cukup menekan sembarang password beberapa kali hingga ia akan mereset ulang password anda dan anda dapat membuat password baru untuk login anda.

14.  Setelah memasukkan username dan password yang sesuai, maka akan muncul tampilan berikut :

15.    Klik menu DEVICE pada sebelah kiri, lalu klik ADD seperti berikut :


Maka akan muncul tampilan seperti berikut :

16.    Lalu isi form tersebut seperti berikut :

17.   Lalu pada bagian ASSOCIATED DATA QUERY, pilih Add Data Query à SNMP – INTERFACE STATISTIC dan Index – Method à UPTIME GOES BACKWARD. Lalu tekan ADD.

18.  Untuk memastikan SNMP berjalan pada device tersebut, klik Verbose Query pada bagian Associated Data Query di SNMP – Interface Statisticnya seperti berikut :

19.    Bila tidak terdapat error pada SNMP (lihat bagian paling atas), klik SAVE.

20.  Lalu klik Create Graphs for This Host pada menu device yang kita buat. Seperti berikut :

21.    Lalu pada bagian Data Query (SNMP – Interface Statistic), centang bagian interface dari device gateway yang akan ditampilkan grafiknya. Lalu pada bagian Select Graphic Type à In/Out Bits with Total Bandwidth. Pemilihan ini juga boleh terserah anda. Lalu tekan Create.


22.  Pada bagian Graph Management disebelah kiri, pilih Host à Gateway (Device yang tadi kita buat)

23.   Lalu centang semua graph yang muncul di SNMP Interface – Statistic nya lalu pada bagian Action à Place on A Tree. Lalu klik GO.

24. Lalu akan muncul tampilan Place on A Tree seperti berikut ini, tekan CONTINUE :

25.    Lalu klik GRAPHS di sebelah kiri maka akan muncul grafik dari device yang kita buat tersebut :

26. Pada awalnya tidak akan terlihat grafik – grafiknya, cukup menunggu beberapa menit maka akan muncul keseluruhan dari grafiknya beserta traffic datanya.
HASIL :



Sumber :
- http://it-linux.us/bara/2012/01/15/install-cacti-untuk-monitoring-system/
- http://kalin.blog.uns.ac.id/2011/12/14/cacti/
- http://d-oddy.blogspot.com/2013/04/cara-menginstal-cacti.html
Share on: Facebook Twitter Google+ Linkedin

0 comments:

Post a Comment