Pages

23 August 2013

Asal - Usul Kepo

*baca timeline Twitter*
A : ribut amat nih cewek!
gak berapa lama kemudian ...
A : sok cantik amat sih lo! ngerasa paling bener aja nih anak.
setelah itu ...
A : lo urus aja deh idup lo, jgn urusin punya gue. lo gak kenal gue!
tiba-tiba muncul B ngebales : ngape lo marah-marah sendiri?
A : Kepo amat sih lo!
B : loh lo sendiri yang bikin timeline gue penuh ama twit lo.

Mungkin sedikit agak gak nyambung dengan judul post nya ya haha -,-
Aku cuma mau ngambil salah satu contoh kenapa ada orang yang bilang 'kepo'.
Jujur, di awal-awal kata ini muncul, aku sama sekali gak tau artinya apa. Cuma lama kelamaan dengerin percakapan orang trus kapan dia langsung bilang 'kepo', membuat aku jadi ngerti kepo itu apa.

Ya, pasti sebagian besar remaja ataupun siapapun itulah, pada bilang kepo itu artinya pengen tahu. Pokoknya kalo ada yang tiba-tiba nanyain tentang apa yang terjadi, atau sedang bicarain gosip dan dia ketinggalan beritanya, pasti dibilang kepo. Ya, pengen tahu.

Dan sekarang aku cukup kepo buat tau asal mula kata 'kepo' ini. Kepo kali ya aku? Hahaha gak papa deh asal keponya yang positif ;)

Sebenarnya aku jadi kepo arti kepo ini karena abang aku waktu itu bilang gini, "Emang ira tau arti kepo yang sebenarnya itu apa?"
Dengan pedenya aku bilang, "Ya pengen tau!"
Trus dia bilang, "Coba cari tau dulu. Gak itu aja artinya."

Yaudah dengan semangat empat lima aku mencari tau asal-mula kata kepo.
Setelah membaca dari beberapa referensi di internet, aku akhirnya dapat menyimpulkan kata KEPO itu sebenarnya udah sangat populer sejak tahun 2005 di luar negeri. Tapi di Indonesia belum familiar, mungkin karena internet masih menjadi hal asing bagi seluruh rakyatnya :p
Jadi sebenarnya kita yang udah basi banget baru tau kepo itu ya waktu internet udah mewabah di kalangan remaja sampe anak kecil ini :))

Nah ini beberapa asal-usul kata kepo, check it out ya ;)

1. Berasal dari bahasa Hokkien tionghoa, yaitu :
Ke = Bertanya
Po (Apo) = Nenek-nenek
Jadi KEPO adalah nenek-nenek yang suka bertanya-tanya :))
Ada juga yang bilang kepo ini berasal dari kata sifat bahasa Hokkien yang biasa digunakan orang Singapore dan sekitarnya :
dari kata Kay Poh atau Kaypo yang berarti suka mencampuri urusan orang lain, usil.


2. Kepo dari asal usul singkatan English, Knowing Every Particular Object (KEPO).
Artinya ya kalo dalam bahasa kitanya : pengen tau aja.
Ada juga dari English words, Care Full, trus lama-lama bisa jadi KEPO. Garing kali ya kan? -,-





3. Nah yang terakhir, ada juga yang bilang kalo kepo itu berasal dari singkatan Kelakuan Polisi.
HAH?
Iya katanya polisi itu kan suka nanya-nanya (apalagi kalo kita kena tilang), makanya kepo dibilang singkatan dari itu. Ada-ada aja kan? :))




Yaudah segitu aja pembahasan aku tentang Kepo. Mudah-mudahan dengan ini jadi bertambah ilmu kalian tentang arti si kepo sebenarnya hehe :p

References :
·      http://kitabgaul.com/word/kepo
·      http://www.ceritaciijail.com/2013/05/tau-nggak-sih-asal-mula-kata-kepo.html
·      http://indonesiaindonesia.com/f/130594-kepo-sih-artinya-nih-cek-arti/
·      http://cerita-asing.blogspot.com/2013/06/ini-lho-asal-usul-kata-kepo.html
Share on: Facebook Twitter Google+ Linkedin

1 comments:

Fatih said...

mantap

Post a Comment