Pages

10 July 2013

Tips Belajar Bahasa Asing



Apa bahasa yang kamu kuasai saat ini? Bahasa ibumu? Indonesia? Minang? Jawa? Sunda? Hehehe :p
Sebenarnya masih banyak banget baha-sa yang bisa kamu pelajari. Biasanya un-tuk di Indonesia sen-diri, mata pelajaran bahasa asingnya tentu yang utama adalah English, Bahasa Inggris. Dan untuk SMA, biasanya ada tambahan bahasa asing untuk dipelajari, rata-rata dari kebanyakan teman-teman yang aku tanya, bahasa asing kedua yang dipelajari di bangku sekolah menengah atas adalah Bahasa Jerman. Sedangkan sekolahku sendiri waktu itu mempelajari Bahasa Jepang.

Bahasa asing itu susah gak sih dipelajari?
Sebenarnya sih gampang - gampang susah haha -,-
Jujur aku pun gak bagus - bagus amat Englishnya, masih suka sesuka hati aku aja nulis ataupun ngomonginnya. Kalo bahasa Jepang akupun standar, masih bisa nulis huruf hiragana, katakana. Kanji ya jelaslaaah ... gak ingat lagi haha -,- Tapi kalo kalimat - kalimat biasa dalam bahasa Jepang masih bisa aku ngertiin.


Yang sedang aku pengen banget bisa itu ya ... Mandarin. Susah? B A N G E T.
Karena aku belajar sendiri, cari tau sendiri tanpa ada satupun orang yang bisa bimbing aku tentang Mandarin. Tapi berhubung aku niat buat belajar bahasa negeri Tiongkok itu, aku bisa sedikit - sedikit memahami arti kata - katanya. Kecuali dalam hal tulisan ya. Karena mandarin lebih sulit dibandingkan tulisan hiragana dan katakana. Mandarin emang full kanji setau aku. Entah deh yang sebenarnya gimana.

Apa aja sih  yang harus kita persiapkan untuk bisa lebih memperdalam bahasa asing?
Berikut ini sedikit tips yang bisa aku berikan ;)


1. HARUS TAU KOSA KATA LEBIH BANYAK
Menurut aku mengetahui lebih banyak kosa kata membuat kita paling gak ya mengerti sama apa yang ditulis dalam bahasa asing tersebut. Walaupun kita belum bisa ngomong, ataupun nulisnya, tapi ketika membacanya kita paham itu maksudnya apa.




2. IKUT KURSUS BAHASA ASING
Menurut aku sebenarnya ikut kursus bahasa asing itu pengaruhnya tidak terlalu besar. Tapi ada juga pentingnya daripada hanya belajar secara otodidak. Yaitu kalau kita tidak mengerti kita bisa bertanya sama orang yang bener - bener menguasai pada bidangnya tersebut




3. SERING MENDENGARKAN LAGU DALAM BAHASA ASING
Itu berguna untuk melatih kemampuan speaking kita. Juga memperbanyak kosa kata. Kita juga tahu bagaimana pengucapan yang bener, dan sebagainya. Sebenarnya bisa aja sih kalo dengerin guru atau dosen tentang gimana pengucapan yang bener, atau pelototin kamus buat ngafalin kosa katanya, cuman kadang otak kita lebih mampu menghafal lirik lagu dibandingkan menghafal satu bab buku. Bener gak?



4. TONTON FILM ASING DENGAN DUA SUBTITLE
Contohnya ya satu buat bahasa Indonesia, satu lagi buat bahasa asing yang kamu pelajari. Biasanya itu membantu kamu untuk paham lebih cepat tentang bahasanya. Nanti kalau udah terbiasa, baru kamu bisa menggunakan subtitle dengan bahasa asing yang kamu pelajari itu saja. Tips ini aku dapatin dari senior aku waktu SMA. Dia jago banget bahasa Inggrisnya, anak debat juga



5. BACA NOVEL RINGAN/KOMIK DALAM BAHASA ASING
Buat kamu yang seneng baca, coba deh beli novel ringan ataupun komik dalam bahasa asing yang kamu pelajari. Jangan sekali - kali beli buku ekonomi in English. Dijamin kamu bakal pusing bacanya. Mending novel ringan untuk remaja yang tersedia dalam bahasa asing tersebut. Biasanya lebih banyak dalam bahasa Inggris ya, setau aku. Kalau untuk komik, kalo in Englishnya bisa kamu dapetin dengan baca manga online dari internet


6. CATAT DI NOTE APAPUN YANG DIDAPATKAN
Entah itu kosa kata baru ataupun kalimat yang baru kamu dengar. Menurut aku, itu membantu. Udah pernah tau kan kalo otak kita lebih bisa cepat nangkap kalo tangan kamu sendiri yang menuliskannya? Begitu juga dengan  belajar bahasa. Tulis apapun yang menurut kamu penting. Entah itu kosa kata, cara penggunaan dalam suatu kalimat, atau apapun itu.



Sebenarnya masih banyak cara lain untuk bisa belajar, kamu bisa gabung dengan komunitas mereka yang menggunakan bahasa tersebut. Ngobrol dengan beberapa dari mereka bisa meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu. Gak perlu malu, mereka gak bakal ngetawain kalo kamu salah grammar atau salah  nulisnya. Kalau untuk belajar Mandarin, social media yang mereka gunakan itu adalah Weibo, itu bener - bener full tulisannya kanji semua. Jadi dari sana kamu juga bisa belajar bahasanya ;)


Selamat belajar bahasa asing ya, dari semua tips yang aku berikan, sekali lagi poin utamanya tetep niat. Kalau kamu niatnya kuat, pasti sedikit demi sedikit kamu jadi bisa bahasanya. Di tiap usaha yang dilakukan, selalu ada hasil yang akan tercapai kan ;)
Share on: Facebook Twitter Google+ Linkedin

0 comments:

Post a Comment