Pages

5 July 2013

Yuk Menjadi yang Lebih Baik Lagi☺

Gak kerasa ya bentar lagi kita puasa. Udah mempersiapkan apa aja buat menyambut bulan Ramadhan? :)
Kali ini aku mau membahas tentang suatu benda yang udah banyak banget dipakai oleh banyak perempuan. Apalagi muslimah, ya jilbab :)

Sebenarnya jilbab yang digunakan itu seharusnya seperti apa sih? Yang aku tahu dari buku - buku agama, dari guru agama waktu aku sekolah sampai aku kuliah, dan dari orangtua aku, jilbab itu harus menutup aurat. Panjang menutupi dada, tidak transparan dan pakaiannya pun yang longgar. Dan dibagian belakang kepala tidak menyerupai punuk unta.

 



Kalo dilihat - lihat zaman sekarang, mungkin kebanyakan perempuan berjilbab tidak seperti itu. Ya, aku pun mengakui aku juga belum sesempurna itu. Terkadang jilbab yang aku pakai masih transparan, pakaian yang aku gunakan masih bisa dikatakan membentuk badan. Dan aku masih terus berusaha untuk memperbaiki itu.

Nah sekarang ini banyak banget perempuan berjilbab yang masih seneng banget makainya suka - suka dia. Ke sekolah dipakai, pergi ke mall gak. Aku tahu itu pilihan mereka, dan memutuskan untuk berjilbab pun harusnya udah kita appreciate. But, ayolah jangan semakin memperburuk citra jilbab, ayo sama - sama kita perbaiki diri lagi, apalagi mau bulan puasa. Niatkan dalam hatimu kalo kamu bener - bener pengen pake jilbab, dimanapun itu dan dalam kondisi apapun itu.

Mungkin kita belum bisa seratus persen langsung berubah, tapi perlahan - lahan pasti bisa. Mungkin untuk sekarang jilbabnya masih transparan atau gimana, bajunya masih ketat, ayo pelan - pelan kita ubah. Aku juga sedang berusaha seperti itu kok. Berusaha untuk memperbaiki mind set orang - orang yang mengatakan tidak semua perempuan berjilbab itu bener - bener 'berjilbab'.

Apalagi buat kamu - kamu yang masih seneng upload foto gak pake jilbabnya ke social media. Kalo kamu upload, lalu kenapa make jilbab kemana - mana? Percuma dong, semua orang juga bakalan tau gimana kamu kalo gak pake jilbab. Orang taunya kamu pake jilbab, jadi tolong hargai benda yang kamu balut menutupi rambut dan kepala kamu itu. Dia bukan hanya sebagai penutup kepala kamu ketika hari panas, tetapi dia juga sebagai tanda bahwa kamu seorang muslimah, muslimah yang menaati perintah Allah untuk menutup aurat.

Aku juga terkadang kalau mendadak temen - temen aku datang ke rumah, juga gak kepake jilbabnya. Rasanya malas banget ke depan pintu rumah cuma untuk menemui teman yang datang ngembaliin buku, ya kan? Pasti kalian berpikir seperti itu. Tapi waktu itu aku diingatkan sama seseorang. Susah, memang. Tapi aku terus berusaha untuk tetap menutup aurat. Kalau malas pake jilbab segiempat, baju panjang dan celana/rok panjang, triknya ya aku membeli jilbab langsung yang langsung menutupi tangan hingga ke pinggangku. Jadi kalau ada temen yang ke rumah, aku tinggal pake itu dan celana panjang. Gak ribet kan.

Malu pake jilbab langsung karena diledekin ibu - ibu sama teman - teman? Aku kadang juga suka dibilang gitu. Kesel sih kadang. Cuma ya mau gimana. Kalo kita niat, pasti bisa kok. Mana lebih takut, sama teman atau sama Allah?

Kadang aku seneng banget ngeliat perempuan yang bener - bener menutup auratnya. Jilbabnya panjang menutupi dada, tidak transparan, pakaiannya longgar, pokoknya bener - bener taat.
Aku pengen seperti itu, dan aku tahu susahnya menahan godaan yang datang itu gimana. Ngeliat baju - baju lucu yang ternyata berlengan pendek, atau ada yang berlengan panjang tapi transparan. Itu godaan yang bener - bener berat buat perempuan, biasanya. Termasuk aku haha -,-

Ayo udah sampai tahap ke berapa kamu dalam menutup aurat?
Kalo dari gambar diatas, aku mungkin masih berada di tahap enam. Insya Allah pelan - pelan diperbaiki lagi. Begitu juga kamu ya ;)

Aku tahu pilihan itu ada di tiap - tiap mereka. Dan aku gak punya hak buat mengatur hidup mereka, karena mereka yang menjalani, mereka juga yang menanggung apapun resikonya. Begitu juga dengan diri aku. Aku yang menanggung resiko apapun yang ku lakukan.
Dan mungkin mereka baru awal - awal menggunakan jilbab jadi masih butuh adaptasi dengan dirinya yang baru. 

Tapi kadang aku juga berpikir, mereka yang benar - benar taat menjalani perintah-Nya aja bisa, kenapa kita gak bisa? Ayo sama - sama kita berubah menjadi yang lebih baik lagi, mungkin tidak langsung berubah seratus persen. Berubah perlahan - lahan juga bisa kan? Kita bisa, kalau kita niat☺

Aku minta maaf kalau ada kata - kata aku yang salah dalam mem post ini, atau terkesan men-judge ataupun menyinggung yang lain. Aku cuma ingin kita sama - sama berubah buat yang lebih baik lagi kok☺

Sekali lagi, aku tetap menghargai mereka yang udah mau menggunakan jilbab☺
Share on: Facebook Twitter Google+ Linkedin

0 comments:

Post a Comment